Mengenal Server Softwitch PBX

Dunia teknologi dalam perkembangan semakin hari semakin canggih dan mengalami perubahan yang sangat pesat dalam berbagai bidang salah  di
Sistem telepon bisnis telah lama terdapat dalam perkembangan mereka.Sistem telepon berkembang dari sistem kunci sederhana yang memelukan beberapa saluran telepon untuk virtual PBX.PBX menghubungkan antara telepon dalam perusahaan dengan jaringan internal dan menghubungkan juga telepon publik ( PSTN atau pulik switched telephone network ) melalui trunk, yaitu penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui central office.

1. Pengertian Dan Sejarah PBX
 PBX ( Private Branch Exchange ) adalah pengedian layanan telepon yang melayani pertukaran
telepon  dengan pusat di dalam suatu perusahan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon atau jaringan telepon dari perusahan ke anak perusahan lainnya di area tang lebih luas. Dengan kata lain, PBX merupakan suatu perangkat keras elektronik telekomunikasi yang berfungsi sebagai bagian internal ( extention to extention ) dengan external ( out going dan incoming ). PBX menjadi sebuah sentral private dengan fitur seperti sentral  public yasng digunakan oleh suatu lembaga atau perusahaan dalam melayani komunikasi internet perusahaan tersebut.
Sistem telepon pertama yang populer adalah 1A2 key system, yang memiliki variasi dan dipercaya oleh pasar perusahaan selama bertahun-tahun pada era 1950-an. KSU ( kunci layanan unit )dalam 1A2 key system bertindak sebagai unit kontrol pusat dan panggilan yang dialihkan melalui mekanisme fisik yang terdapat pada telepon.
PBX pertama kali digunakan untuk menggambarkan sistem kunci.PBX secara bertahap mulai menggunakan sistem otomatis dan non-operator.Dalam perkembangan  PBX, salah satu trens sistem yang muncul adalah Volp PBX, atau biasa dikenal dengan IP PBX.IP PBX menggunakan protokol internet untuk melakukan panggilan telepon.sekarang ini PBX memberi dukungan dalam perkembangan Volp PBX. ISDN PBX juga telah mengalami perkembangan sejak tahun 1990-an.ISDN PBX juga telah mengalami perkembangan sejak tahun 1990-an.ISDN PBX sudah menawarkan layanan panggilan konferensi,call forwarding,dan memanggil host ID yang telah diprogram sebelumnya. meskipun demikian, adanya proyek mengenai sumbur terbuka ini justru dapat dikombinasikan dengan perangkat keras untuk mengurangi biaya kepemilikan PBX.

2. Fungsi PBX
       PBX dibedakan dari sistem kunci yang di lakukan pengguna secara manual ketika pengguna menekan nomor tujuan.Sehingga,secara otomatis PBX akan menuju jalur sesuai dengan nomor yang dituju pengguna.Sistem PBX memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon secara internal dan eksternal dengan menggunakan kode telepon yang telah terdaftar di central office maupun di DDCO.

Sistem PBX secara fungsional memiliki empat tugas panggilan pengolahan utama,antaranya yaitu :
a. membuat koneksi (sirkuit) atau menghubungkan antara telepon pengguna dengan
   telepon yang  dituju, misalnya pemetaan ke nomor tujuan untuk memastikan jaringan
    telepon tidak sibuk.
b. menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan telepon,
    yaitu dengan menyalurkan sinyal antara pengirim dengan penerima pesan.
c. mematikan koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon.
d. menyediakan informasi untuk kepentingan akuntasi,misalnya menampilkan
    lama waktu panggilan atau metering call.

Setelah memahami mengenai PBX dan konsep kerjanya , selanjutnya mempelajari bagaimana membuat server sofwith tersebut. Berikut ini adalah kebutuhan yang di gunakan untuk instalasi softswith PBX

Komentar

Postingan Populer